Cara Tepat Atasi Anak Manja


Cara Tepat Atasi Anak ManjaMemang membuat anak menjadi seorang yang mandiri itu sangat sulit. Karena mereka selalu dekat dan mendapatkan apa yang di inginkan dari orangtuanya.

Bahkan, jika mereka tidak bisa mengatasi sifat manja maka dia akan kesulitan saat mengalami masalah di kehidupan mereka di masa depan.


Sebagai orangtua, tentu Anda tidak ingin jika anak yang Anda sayangi nanti tumbuh dengan sifatnya manjanya itu. Maka dari itu, Anda harus bisa mengajarkan mereka hidup mandiri. Lalu bagaimana caranya?

Seperti dilansir dari beberapa sumber, berikut ini cara atasi anak manja agar mereka bisa bersikap mandiri.

 

Biarkan Dia Melakukan Kesalahan

Seorang anak harus bisa belajar dari kesalahan yang mereka perbuat. Sebagai contoh, saat anak Anda sedang belajar sesuatu, sebaiknya Anda jangan langsung membantunya. Biarkan si anak mencobanya sendiri dulu tanpa bantuan Anda karena hal ini adalah proses pembelajaran baginya. Jika anak Anda sudah mengetahui kesalahannya, tentu dia akan mencobanya kembali.

Ajari Mereka Mengatasi Rasa Kecewa

Anak Anda tidak hanya belajar tentang kemandirian tapi mereja juga harus tahu cara mengatasi kekecewaan. Karena kekecewaan dan kesedihan merupakan hal yang saling berkaitan.

Anak Anda tidak akan mudah memahami rasa kecewa dengan cara mereka sendiri. Maka dari itu Anda sebagai orang tuanya harus membimbing dan mengajarkan mereka bagaimana mengatasi perasaan tersebut.

Biarkan Mereka Sendiri

Sebaiknya Anda memberikan waktu sedikit untuk mereka agar bisa menikmati hidup mereka sendiri. Hindari mengawasi mereka secara terus menerus, membatasi pergaulan mereka, dan lain sebagianya. Dengan begitu, anak Anda bisa belajar untuk mengambil keputusan mereka sendiri. Cara ini bisa melatih anak untuk hidup lebih mandiri.

Kendalikan Anak Anda

Anak yang sudah terbiasa hidup manja, tentunya Anda sebagai orangtua membuat Anda selalu menuruti apapun permintaannya. Maka dari itu, Anda harus bisa tegas dan jangan selalu menuruti apa yang di inginkan oleh anak Anda agar dia bisa belajar hidup mandiri.

JANGAN LEWATKAN