Pertumbuhan Dan Panduan Pengembangan Anak


Tumbuh Kembang AnakPanduan ini ditujukan untuk diingat batas normal pertumbuhan dan perkembangan anak sehat, dan untuk membantu mengidentifikasi masalah sejak awal, dan dengan demikian dapat bertindak cepat.

Tes pertama dilakukan pada saat kelahiran, dan untuk mengidentifikasi kelainan dan cacat lahir, lubang permeabilitas, integritas langit-langit dan berbagai cacat kecil dan besar.


Pemutaran bayi baru lahir didasarkan pada skor Apgar dan pemeriksaan neurologis nanti.

Pada 2-4 minggu anak harus dapat:

 

* Angkat kepala sejenak saat rawan (berbaring).
* Tataplah satu hal atau objek dan melacak gerakan mereka.

Pada 2 bulan anak harus dapat:

* Jauhkan kepala Anda tegak hanya sesaat ketika di kakinya. Apakah tetap pada 3 bulan.
* Ambil mainan bila ditempatkan di tangannya.
* Tahan berdetak untuk sementara.
* Tampilkan senyum sosial.
* Mengucapkan sebaliknya.
* Mulailah untuk membedakan orang tua dari orang lain, dan menanggapi mereka.
* Menanggapi suara keras.

Pada 4 bulan anak harus dapat:

* Jauhkan kepala Anda tetap stabil untuk membuatnya berdiri rentan di tangannya.
* Jauhkan kepala Anda tetap stabil bila diletakkan tegak.
* Roll lebih rentan terhadap posisi terlentang.
* Jauhkan tangan anda di garis tengah.
* Bermain dengan tangan Anda.
* Periksa ponsel Anda dan melambaikan tangannya.
* Tahan mainan di tangannya.
* Ikuti benda dan orang tua mereka untuk melihat berbagai 180 °.
* Sambil tersenyum, tawa dan gemericik (lakukan trills dengan suara).
* Lakukan kontak sosial dengan tersenyum atau vokalisasi. Marah atau berduka ketika orang tua pergi.
* Kenali ketika Anda sedang menyiapkan makanan Anda dan dapat menunggu waktu yang singkat.

Pada 6 bulan anak harus dapat:

* Hidupkan tubuh Anda.
* Jauhkan kepala Anda tetap stabil saat bergerak atau duduk. Mulai menerima “refleksi dari seorang penerjun payung.”
* Duduk dengan dukungan.
* Berdiri di atas kakinya sesaat, jika membantu.
* Anda dapat memenuhi atau memegang benda. Pada akhir 6 bulan mampu memindahkan benda dari tangan ke tangan.
* Mampu untuk memegang botol saat menyusui.
* Benda bergerak Perkiraan ke arahnya dengan menyapu sebuah.
* Bermain dengan kakinya.
* Bereaksi terhadap suara yang berasal dari luar ruangan Anda dan perubahan aktivitas.
* Tunjukkan tanda-tanda pertama kecemasan tentang orang asing, yang menunjukkan dalam gerak gerik wajah dan tubuh. Mampu membedakan kata-kata penuh kasih dari memarahi.
* Sambil tersenyum, menyanyi dan mengambil inisiatif dalam interaksi dengan orang lain, meniru suara seperti batuk, kliring tenggorokan, dll, bisa bermain dan membuat suara saat Anda sedang sendirian ataupun disertai.
* Mendapatkan marah ketika kamu membawa mainan.

Pada 9 bulan hidup harus dapat:

* Duduk dengan benar.
* Crawling, merangkak di tangan mereka atau pada pantatnya.
* Tender untuk berhenti.
* Burguete dengan jari telunjuk.
* Peluncuran dua mainan bersama-sama.
* Power sebagian makan dengan tangan.
* Memiliki satu atau dua vokalisasi berarti untuk meniru dan menunjukkan celoteh monosilabis (dan mungkin dengan bersuku kata banyak).
* Menanggapi nama sendiri dan pertanyaan seperti: “Ibu mana?” Atau untuk beberapa objek akrab. Memahami beberapa kata tidak-tidak, bye-bye.
* Mampu untuk mengatakan da-lakukan atau ibu dengan cara yang spesifik.
* Nikmati permainan dengan orang dewasa.
* Menanggapi kecemasan serius aneh,, bahkan ketakutan.
* Menunjukkan emosi Anda melalui ekspresi wajah.
* Menirukan gerakan sederhana.
* Dalam kebanyakan kasus, adalah konsep permanen obyek, mengambil obyek tersembunyi di bawah kain.

Pada 12 bulan harus dapat:

* Tender untuk berhenti.
* Mampu mengambil beberapa langkah saja.
* Tunjukkan penggunaan forsep fungsi akurat.
* Peluncuran dua batu bersama-sama.
* Masukkan benda ke yang lain.
* Mampu mengatakan atau melakukan satu atau dua kata atau suara dengan makna, dan juga menggunakan kata benar ibu atau ayah; meniru vokalisasi.
* Memiliki konsep obyek permanen, menemukan objek tersembunyi atau telah dijatuhkan.
* Membantu dengan berpakaian dan makan. Untuk menggunakan biaya.

Pada 15 bulan anak harus dapat:

* Berjalan sendiri, berjalan mundur, jongkok, mengeksplorasi.
* Climbing tangga.
* Membangun menara 12 kubus dan memperkenalkan sebuah benda kecil di dalam botol.
* Minum dari cangkir, gunakan tangan Anda untuk makan.
* Memiliki kosakata 3 sampai 6 kata-kata, gunakan slang bahasa dan gerak tubuh (jika pada 18 bulan tidak dapat mengucapkan kata dikenali, harus diambil dalam rangka untuk membuat evaluasi pidato.)
* Mengenali dan melaporkan satu atau dua bagian tubuh ketika ditanya.
* Tampilkan sepatu Anda, ketika ditanya untuk melakukannya.
* Mengerti perintah sederhana, misalnya: tidak ada, dame, datang ke sini, ketika ditanya.
* Nikmati dengan tokoh-tokoh dari buku cerita, dan hiburan saat Anda bercerita.
* Pengakuan di cermin.
* Temukan objek yang keluar dari kamarnya ketika ditanya.
* Saya menikmati menembak dan menerima bola.
* Ambil sebuah pasal dari pakaian dan mengenakan topi.
* Memberi dan menerima mainan.
* Berikan pelukan dan belaian.

Pada 18 bulan anak harus dapat:

* Berjalan dengan percaya diri.
* Menjalankan, menaiki tangga berkelanjutan tangan, berjalan mundur, duduk di kursi kecil, naik kursi dewasa, menendang bola.
* Kumpulkan 3 atau 4 kubus, menaruh cincin pada kerucut, pembongkaran dan pemasangan kembali.
* Anda dapat menelusuri buku atau majalah.
* Memiliki kosakata dari 4 sampai 10 kata, membentuk kalimat dari 2 kata, mengerti dan mengikuti petunjuk sederhana, mengungkapkan dua atau lebih keinginan, kemampuan mereka untuk meniru kosa kata ini jauh lebih besar daripada spontan kosakata nya.
* Lemparkan mainan.
* Melempar bola.
* Makan sendiri, gunakan sendok dengan benar, tahan dan minum dari kendi.
* Melihat angka-angka dari buku dan mengidentifikasi mereka.
* Menyalin sketsa di atas kertas.
* Ambil botol pil tanpa demonstrasi sebelumnya.
* Lampiran boneka atau boneka beruang.
* Pucker bibir Anda dan ciuman di pipi.

Pada 2 tahun usia anak harus dapat:

* Up dan menuruni tangga saja.
* Langsung dengan kedua kaki bersama-sama, berdiri pada satu kaki sebentar, berjalan dengan mudah.
* Buka pintu.
* Dapatkan pada mebel.
* Ratakan 3 sampai 5 blok setelah demonstrasi.
* Gunakan sendok dengan mudah dan cangkir.
* Memiliki kosakata dari 50 atau lebih kata-kata dan dapat membentuk kalimat dengan kata ganti seperti saya, kau, aku.
* Silakan merujuk ke dirinya sendiri dengan nama (jika bahasa tidak dimengerti oleh orang tua atau tertunda pidato evaluasi harus dilakukan.)
* Menendang bola.
* Membuat pertanyaan sering. Umur sebabnya?
* Lakukan gerakan horisontal atau lingkaran dengan pensil.
* Mulai untuk mengontrol buang air kecil dan buang air besar.
* Bersenang-senanglah dengan imitasi kegiatan domestik atau pekerjaan orang dewasa.
Bekerja sama dalam berpakaian, mencuci dan mengeringkan tangan *.
* Gunakan mainan mereka dengan benar.

Pada 3 tahun usia anak harus dapat:

* Langsung di tempat yang sama, menendang bola, ayunan dan berdiri tegak dengan satu kaki.
* Mengemudi sepeda roda tiga.
* Panjat tangga dengan langkah bergantian.
* Buka pintu.
Membangun menara 9 kubus.
* Salin sebuah jembatan dengan tiga blok.
* Bahasa ini 50% dimengerti (anak mengalami kesulitan membangun kalimat atau bahasa yang dimengerti harus dirujuk untuk evaluasi pidato.)
* Ucapkan nama lengkap Anda, mengetahui umur dan jenis kelamin. Menghitung sampai 3.
* Mengerti apa yang sedang dingin, lelah, lapar, memahami preposisi dari atas dan bawah; membedakan antara yang lebih besar dan lebih kecil. Dengan menggunakan gunting, kunci pas dan pensil.
* Salin lingkaran, meniru sebuah salib dan mulai mengenali warna.
* Jelaskan tindakan yang ditampilkan dalam rangka sebuah buku cerita.
* Taruh pada beberapa pakaian.
* Makan sendiri.
* Cuci dan keringkan tangan Anda sendiri.

Pada umur 6 tahun harus dapat:

* Untuk melempar bola 4-6 kali, melempar dan menerima.
* Skating.
* Riding sepeda.
* Mengikat sepatu.
* Memiliki lebih dari 10, masukkan nama mereka, menulis lebih dari 10 angka, dan menulis beberapa huruf.
* Membedakan kanan dari kiri.
* Menggambar orang dengan semua bagian-bagiannya.

Pada 9 tahun anak sehat, memiliki keyakinan dalam apa yang dia lakukan dan dengan demikian, menikmati hubungan dengan teman-teman. Memiliki kegiatan rekreasi, mengakui perlunya peran dan tanggung jawab di dalam keluarga yang berbuat baik di sekolah cukup peduli dan bertanggung jawab dengan pekerjaan rumah mereka, tanpa jatuh ke dalam kelebihan, bertanggung jawab untuk kesehatan mereka sendiri, tidak nyaman mengajukan pertanyaan dari orang tua memiliki kebiasaan makanan adalah koperasi dan perhatian.

JANGAN LEWATKAN