Ini Dia Cara Agar Anak Fit Selama Puasa


Ini Dia Cara Agar Anak Fit Selama PuasaMenjalankan ibadah puasa bagi orang dewasa bukan menjadi suatu beban lagi bagi mereka. Berbeda halnya dengan si kecil yang masih belajar dan bahkan belum tentu kuat dalam melaksanakan puasa. Terlebih lagi, sebab pada usia mereka masih dalam proses pertumbuhan di mana mereka masih memerlukan banyak asupan nutrisi.

Kemudian, bagaimana caranya agar anak selalu merasa fit ketika menjalankan puasa?


Bagi para orang tua tak usah cemas ya. Sebagai orang tua dari anak-anak, Anda harus betul-betul dalam menjaga kondisi kesehatan anak agar selalu fit selama mereka berpuasa.

Berikut ini ada beberapa cara agar anak selalu merasa fit selama menjalankan puasa, diantaranya:

 

1. Biasakan kepada anak Anda untuk selalu minum air putih yang cukup ketika saat sahur. Dengan hal tersebut akan bertujuan untuk menghindarkan mereka dari dehidrasi.
2. Ketika sahur, sebaiknya memilih makanan yang kaya akan serat, seperti buah dan sayur­sayuran. Selain itu, anak juga sangat memerlukan makanan yang mempunyai indeks glikemik rendah. Makanan jenis ini akan mempertahankan kadar gula darah stabil lebih lama dalam darah. Sebut saja, karbohidrat kompleks seperti beras merah.
3. Ketika sedang sahur, sebaiknya Anda melakukan sesautu agar anak tidak makan secara berlebihan agar ia tidak kembung dan terlalu kenyang.
4. Jangan mengkonsumsi makanan pedas dan minuman bersoda, sebab akan menaikkan kadar asam lambung dan mengakibatkan terjadinya sakit maag. Anda juga sebaiknya untuk melarang anak agar tidak mengkonsumsi makanan yang terlalu asin dan mengandung bumbu penyedap rasa sebab akan meningkatkan rasa haus.
5. Ketika sedang berbuka, awali dengan makanan manis dengan porsi yang pas agar kekurangan glukosa ketika puasa akan terpenuhi. Misalnya, sebutir kurma atau teh manis hangat.

Nah, Bagi orang tua, Anda bisa melakukan cara di atas untuk menjaga kesehatan buah hati selama mereka berpuasa.

JANGAN LEWATKAN