Cara Membuat Makanan Sehat Untuk Bayi


Cara Membuat Makanan Sehat Untuk BayiCara membuat makanan sehat untuk bayi haruslah diketahui semua ibu yang menginginkan pertumbuhan buah hatinya bisa berjalan dengan optimal.

Kita wajib mengerti, bahwa bayi mempunyai perut yang sensitive dan belum kuat. Untuk itu, kita harus memahami benar, tipe makanan apa saja yang boleh masuk ke dalam pencernaannya atau tidak.


Sebab, jika kita sampai salah memasukkan makanan ke perutnya, bisa berdampak serius dalam kesehatan dan kebugaran si bayi.

Cara membuat makanan sehat untuk bayi yang kita lakukan setiap harus harus mempertimbangkan beberapa hal, seperti kandungan gizi yang terdapat pada bahan makanan tertentu, usia si bayi, dan cara mengolah makanannya.

 

Biasanya, dibawah umur 0-6 bulan, bayi hanya boleh diberi makanan cair, yakni Air Susu Ibu (ASI), setelah memasukki umur 6-12 tahun, bayi baru dapat mulai mengonsumsi makanan lembut seperti pisang dan bubur.

Setelah berumur 1 tahun, barulah kita bisa lebih leluasa memberikan berbagai jenis makanan yang berbeda kepada si bayi, misalnya dengan sop jagung, potongan buah, dan sebagainya.

Seiring dengan bertambahnya usia, maka si bayi harus dibiasakan mengonsumsi makanan padat supaya dapat melatih pertumbuhan gigi dan pencernaannya.

Jangan sampai kita hanya memberikan makanan lunak-lunak saja, karena bisa membuat si bayi tidak dapat mengunyah dan mengonsumsi makanan berat di kemudian hari.

Cara membuat makanan sehat yang paling penting adalah dengan selalu memperhatikan tingkat higienitas pada bahan makanan yang digunakan.

Misalnya jika ingin membuat bubur ayam ataupun ikan, pilihlah ayam dan ikan yang masih segar, jangan membeli yang beku. Sementara untuk sayuran belilah yang berwarna cerah dan juga masih terlihat segar, jangan memilih yang sudah layu.

Selain itu, jangan memasak dengan api terlalu besar karena bisa menyebabkan nutrisi yang terkandung berkurang.

Mungkin saja kita bisa dengan mudah membeli aneka bubur untuk bayi dimana-mana, namun akan lebih baik rasanya jika kita membuatnya sendiri bukan? Hal itu bermaksud untuk memastikan kualitas yang baik bagi si kecil.

Aneka Resep Makanan Sehat Untuk Bayi

Beberapa resep makanan sehat untuk bayi diantaranya adalah:

Bubur pisang apel

Cara membuatnya adalah dengan mencampurkan 200 gram pisang ambon yang sudah direbus, 100 gram apel yang sudah dikupas kulitnya dan dipotong kecil-kecil, 5 sdm susu formula, dan 200 cc air ke dalam blender.

Setelah halus merata tuang bubur ke mangkuk ataupun gelas si kecil.

Wortel kukus

Wortel yang banyak mengandung vitamin C, A, dan beta karoten memang sangat dibutuhkan bayi. Caranya juga mudah, yaitu dengan memotong wortel seruas jari dan kukus sampai lunak sehingga mudah dikunyah si kecil.

Nasi tim

Caranya adalah dengan memasak 600 ml air putih bersama 2 sdm beras, daging dan hati ayam. Setelah itu aduk perlahan sampai mengental.

Kemudian masukkan 1 iris tomat segar dan 50 gram labu kuning yang sudah diparut. Barulah masukkan sedikit minyak, dan terus aduk hingga merata. Lalu angkat dan biarkan sampai dingin.

Cara Membuat Makanan Sehat Untuk Bayi

Cara membuat makanan sehat untuk bayi yang baik adalah sebagai berikut:

  • Masaklah bahan-bahan makanan tanpa tambahan garam ataupun gula dan bahan penyedap lainnya yang mengandung MSG.
  • Pilihlah buah dan sayuran segar, jangan memakai buah dan sayuran instant yang sudah jadi di dalam kaleng.
  • Setelah dimasak, sebisa mungkin letakkan di dalam blender, hingga halus merata. Atau juga bisa disaring terlebih dulu untuk memisahkan makanan yang masih padat.
  • Jangan terlalu lama menyimpan makanan bayi di dalam kulkas. Sebaiknya, makanan yang dibuat harus disantap sampai habis di hari itu juga. Maka dari itu, buatlah secukupnya saja sesuai dengan porsi si bayi.

Selamat mencoba, bunda!

JANGAN LEWATKAN