Makanan Penurun Panas Demam Anak


Makanan Penurun Panas Demam AnakDemam sangatlah gampang untuk menyerang pada usia anak-anak, terlebih lagi pada anak yang usia balita. Apalagi dengan kondisi cuaca yang biasanya tak menentu seperti sekarang ini tentu akan meningkatkan resiko anak untuk mengalami demam.

Demam yang dialami oleh seorang anak sebenarnya bukanlah sebuah penyakit, tetapi hal tersebut merupakan pertanda datangnya suatu penyakit. Demam bisa diakibatkan oleh berbagai macam seperti munculnya infeksi virus, atau keadaan suhu panas ekstreem di lingkungan sekitar.


Ketika demam telah menghampiri si kecil akan sangat mengganggu aktivitas pada anak. Umumnya akan menjadi mudah rewel, susah makan, dan tidak nyenyak tidur. Oleh karena itu, saat anak mengalami demam sebaiknya segeralah untuk mengatasinya.

Jika hal tersebut terjadi pada anak, sebaiknya Anda tidak semestinya untuk selalu memakai obat kimia penurun panas demam anak seperti paracetamol. Masih banyak cara yang Anda bisa lakukan termasuk cara alami salah satunya adalah dengan memberinya asupan makan yang tepat.

 

Terdapat 2 macam makanan yang telah mempunyai kasiat untuk menurunkan panas demam anak, diantaranya:

Pertama adalah buah semangka. Semangka sangat kaya akan vitamin A dan C sehingga akan meningkatkan daya tahan tubuh anak. Dengan hal tersebut buah ini akan sangat berguna ketika anak telah mengalami demam yang diakibatkan oleh infeksi virus dan bakteri. Selain itu kandungan air yang terdapat di dalamnya bisa mengatasi anak dari dehidrasi akibat panas tubuh yang meningkat.

Kedua adalah sayur lobak. Jenis sayur yang sering diolah menjadi berbagai menu makanan ini ternyata sangat efektif untuk mencegah terjadinya demam pada anak yang biasanya diakibatkan oleh peradangan. Sebab sayur lobak tersebut diketahui telah mengandung vitamin C, zat anti- inflamasi (anti peradangan), serta anti oksidan alami. Oleh karena itu ketika anak sedang mengalami demam yang timbulnya dari suatu peradangan tertentu, maka sayur lobak bisa menjadi menu makanan yang tepat untuk mengatasi hal tersebut.

JANGAN LEWATKAN