Cara Menyusui Bayi Ketika Ibu Sakit


Cara Menyusui Bayi Ketika Ibu SakitApakah ketika seorang ibu yang sedang sakit bisa menyusui bayi? Hal tersebut sering menjadi tanda tanya oleh para ibu, sebab ibu tentu takut jika penyakitnya akan menular lewat ASI yang dikonsumsinya.

Untuk menghilangkan kecemasan para ibu kami akan menjawabnya tentu saja Anda tidak mesti takut atau khawatir menyusui ketika Anda sedang sakit. Produksi ASI Anda tetap berjalan baik, sebab ibu yang sakit tidak akan mengurangi kualitas ASInya.


Antibodi yang dibentuk oleh ibu menyusui ketika sedang sakit akan diperoleh dalam ASI, sehingga akan memberikan zat kekebalan tubuh yang sama bagi si kecil, dan menjauhi bayi tertular penyakit yang dialami oleh ibu menyusui.

Sama halnya juga dengan obat-obatan yang harus dikonsumsi ketika ibu menyusui sedang sakit. Hampir tidak mempengaruhi ASI, kecuali obat yang dikonsumsi tersebut merupakan obat anti kanker dan ibu sedang menjalani pengobatan kanker dengan radioaktif.

 

Cara Menyusui Saat Flu atau Demam

Untuk ibu yang sakit flu seharusnya memakai masker ketika sedang menyusui dan dekat dengan bayi. Sebab, virus yang menyebabkan flu dan demam mudah tertular lewat bersin atau batuk. Ibu yang menyusui juga tidak perlu cemas dalam mengkonsumsi obat-obatan akibat flu dan demam yang telah diberikan dokter.

Cara Menyusui Saat Diare

Diare merupakan penyakit yang mengakibatkan penderita buang air besar (BAB) dengan dampak yang lebih sering (bisa lebih dari 6 kali sehari). Sebab Diare bisa mengakibatkan terjadinya dehidrasi, oleh karena itu ibu menyusui harus segera makan dan minum (yang tidak merangsang lambung) untuk mengganti cairan yang telah dikeluarkan. Dan ketika mau menyusui bayi, sebaiknya terlebih dahulu untuk cuci tangan dengan sabun, sebab bakteri yang mengakibatkan diare bisa ditularkan lewat tangan.

Cara Menyusui Saat Terkena Penyakit Hepatitis A

Menurut American Academy of Pediatrics, belum diperoleh bukti yang ditularkan oleh penyakit hepatitis A lewat ASI. Tetapi, untuk mengatasi penularan pada bayi, untuk ibu yang menyusui harus selalu rajin untuk mencuci tangan sebelum menyusui si kecil. Misalnya obat flu, obat Hepatitis A juga tidak mempengaruhi produksi dan kualitas ASI, sehingga Anda tidak perlu cemas untuk mengkonsumsinya.

Cara Menyusui bagi Penderita Diabetes

Diabetes mellitus bukanlah suatu penyakit yang menular, namun harus mendapat perhatian, sebab dengan menyusui justru akan lebih menguntungkan ibu yang mengalami diabetes. Hal tersebut telah terbukti berdasarkan penelitian bahwa Ibu menyusui yang sebelumnya menderita DM gestasional (diabet yang muncul saat hamil) risikonya menjadi berkurang di masa yang akan datang. Perubahan hormon yang terjadi dalam tubuh ketika menyusui bisa membantu mengatasi meningkatnya kadar gula darah dan membuat ibu akan merasa lebih baik.

JANGAN LEWATKAN