Ketahui Jenis Penyakit Kulit pada Bayi


Ketahui Jenis Penyakit Kulit pada BayiMunculnya penyakit kulit pada anak merupakan salah satu jenis masalah kesehatan yang sudah sangat bersahabat dengan anak-anak, terutama di usia bayi. Kelompok anak usia di bawah usia 2 tahun ini memang sangat biasa mengalami berbagai masalah kesehatan mengenai masalah kulit.

Pasalnya kondisi anatominya yang masih sangat tipis dan belum begitu sempurna, sehingga mengakibatkan kulit bayi sangat sensitif terhadap berbagai macam rangsangan, termasuk salah satunya adalah rangsangan negatif. Terlebih lagi pada kondisi sistem kekebalan tubuhnya yang masih sangat lembab semakin meningkatkan potensi bayi terkena penyakit kulit.


Membahas tentang masalah kesehatan kulit pada bayi, mungkin bisa dibilang hampir semua macam penyakit kulit bisa menyerangnya. Tetapi kalau diamati dari berbagai kasus yang ada disekitar, terdapat beberapa macam penyakit kulit bayi yang paling sering didapati. Apa saja? Berikut ini kami telah merangkumnya untuk Anda.

Penyakit Kulit yang Kerap Serang Bayi

 

Intertrigo

Penyakit ini adalah sebuah peradangan yang terjadi pada lipatan-lipatan tubuh, misalnya terjadi pada pangkal paha bagian dalam, ketiak, dan juga leher. Yang mengakibatkan adalah keadaan lembab yang secara berlebihan yang diakibatkan oleh keringat serta bagian lipatan tersebut yang jarang memperoleh udara secara bebas. Adapun dampak yang ditimbulkan yaitu berupa ruam merah yang disertai dengan rasa gatal dan biasanya sakit jika terkena gesekan.

Biang Keringat

Biang keringat merupakan salah satu masalah pada kesehatan kulit yang ditandai dengan munculnya ruam merah pada daerah tubuh bayi, seperti muka, leher, punggung, tangan, ataupun bokong. Ruam merah ini dibarengi dengan munculnya gelembung-gelembung kecil yang berisi air yang mengakibatkann terjadinya rasa gatal. Akibatnya adalah karena cuaca panas yang begitu ekstreem, udara lembab, serta bisa juga diakibatkan oleh pakaian bayi yang terlalu ketat.

Eksim

Eksim atau dermatitis adalah peradangan kulit yang mengakibatkan gelembung kecil yang berair yang kemudian akan pecah dan meninggalkan bekas merah. Dalam kondisi yang parah penyakit ini akan menyebabkan terjadinya nanah dan kerak pada bekas gelembung.

JANGAN LEWATKAN